10 Tips Menggunakan Twitter Dengan Baik dan Benar

Tips Menggunakan Twitter Dengan Baik
10 Tips Menggunakan Twitter Dengan Baik dan Benar - Twitter merupakan situs mikroblog yang berfungsi sebagai jejaring sosial. Twitter berguna untuk melakukan update berita, untuk mengetahui hal-hal terbaru dari sesuatu atau seseorang yang ingin kita ikuti sehari-hari.

Namun, di luar itu, Twitter bisa menjadi musuh bagi hidup kita. Contohnya, ada karyawan yang dipecat hanya karena tweet-nya di Twitter. Ada pula kasus phising yang merugikan, juga pemblokiran dari pemerintah.

Berikut ini adalah tips untuk menjaga akun Twitter, agar terhindar dari penyalahgunaan, virus, spam, phising, dan juga pemblokiran.

1. Jangan bagikan informasi pribadi
Jangan pernah berbagi alamat e-mail Anda, alamat rumah atau kantor, nomor telepon, dan informasi lainnya yang mengungkapkan privasi Anda. Selain itu, jika Anda merasa tidak membutuhkannya, jangan aktifkan fitur geotagging pada Twitter Anda sehingga tweet-tweet Anda tidak akan disertai dengan lokasi dimana anda melakukan tweet.

2. Periksa aplikasi yang telah dan akan digunakan
Hindari aplikasi berbasis web yang meminta Anda memasukkan username dan password Twitter. Aplikasi yang baik akan menggunakan Twitter OAuth dan tidak akan meminta Anda memasukkan username dan password.
Selain itu, secara teratur tinjau aplikasi yang Anda gunakan di Twitter melalui halaman "Twitter | Settings | Application". Hapus semua aplikasi yang menurut Anda tidak akan lagi Anda gunakan.

3. Mengubah password secara teratur

Bot (mesin) otomatis biasanya digunakan hacker untuk memperoleh akses ke akun Twitter Anda. Gunakan password yang susah ditebak dan ubah password Anda secara reguler, misalnya setiap 4 hingga 6 minggui.

4. Intip dulu Short URL sebelum di-klik

Link website pendek (short URL) sering digunakan untuk menyembunyikan alamat web yang tidak aman. Meng-klik dan mengunjungi website yang tidak aman menyebabkan bahaya malware, situs phising, dan lainnya.
Jika Anda menggunakan Tweetdeck, aktifkan pilihan "Show Preview Information for Short URL". Jika Anda menggunakan Firefox, maka gunakan add-on seperti Long URL Mobile Expander atau DeTiny URL Expander. Semua pilihan ini membantu Anda mengetahui isi link sebelum membuka halaman web dengan pratinjau.

5. Waspadai Direct Message (DM)

Anda mungkin mendapatkan link dari orang yang Anda kenal dan telah anda percaya, sehingga Anda membuka link tersebut. Padahal, link dari orang yang Anda kenal belum tentu aman.
Bisa jadi itu dikirimkan oleh hacker yang berhasil mengirimkan link spam ke dalam DM. Cara menjaga akun Anda adalah jangan buka link tersebut jika Anda belum yakin link tersebut aman.
Jangan lupa tanyakan kepada pengirim melalui mention agar Anda memastikan link tersebut memang dikirim oleh pemilik akun dan terjamin aman.

6. Pisahkan akun pribadi dengan akun bisnis

Jika Anda membuat akun Twitter untuk keperluan pribadi, sebaiknya ubah setting Anda menjadi akun yang terlindungi (protected). Pada setting profil, Anda bisa mencentang pilihan "Protect My Tweet". Dengan ini, tweet Anda hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang Anda izinkan mem-follow Anda.
Jika Anda ingin membuat akun yang ingin dibaca oleh umum, seperti akun untuk promosi produk, akun anonim, atau akun perusahaan, sebaiknya pilihan ini tidak dipilih.

7. Blok dan laporkan spam

Jika Anda membaca mention dari akun twitter yang tidak Anda kenal dan isinya tidak berhubungan dengan tweet-tweet Anda, sebaiknya Anda langsung mem-blok akun tersebut.
Kalau melalui web, ada pilihan langsung untuk blokir akun sebagai spam tanpa harus membuka akun yang dimaksud. Jika membuka dari dari aplikasi mobile, biasanya anda harus membuka profil akun tersebut lalu bisa meng-klik pilihan "block as spam".

8. Batasan dalam Twitter yang harus dipatuhi

Twitter memiliki batasan-batasan tertentu terhadap penggunaan akun. Jika Anda menggunakan akun secara berlebihan, akun Anda akan terblokir sementara karena dianggap spam.
Oleh karena itu, abaikan tawaran yang menjanjikan Anda bisa memiliki ratusan follower dalam waktu singkat. Anda juga harus tahu bahwa Anda hanya bisa mem-follow 2000 akun, sebelum bisa menambah jumlah "following", jika jumlah "follower" Anda jumlahnya tidak seimbang dengan yang Anda follow.
Selain itu, Anda hanya punya batas mengirim maksimal 1000 tweet dan 250 DM setiap hari. Melakukan "unfollow" ratusan akun dalam sehari bisa membuat akun Anda terblokir sementara.

9. Hindari Membuat Akun "Samaran"

Sebaiknya nama akun yang Anda gunakan adalah nama asli Anda, sehingga orang lain tidak akan bisa menggunakannya untuk penipuan. Jika Anda menemukan akun palsu yang mengatasnamakan Anda, laporkan kepada Twitter dengan mengirim email ke impersonation@twitter.com.
Sebaliknya, jika Anda hobi membuat akun terselubung agar tidak dikenali orang lain, baiknya Anda tidak menggunakan nama publik figur agar akun Anda tidak dibekukan oleh Twitter.

10. Gunakan antivirus dan firewall
Akhirnya, tak ada tips keamanan yang melewatkan himbauan untuk menggunakan antivirus dan firewall. Keduanya akan lebih melindungi akun Anda dari spam ataupun virus berbahaya yang mungkin menyusup melalui link dari DM atau short URL.
Baik untuk PC maupun perangkat bergerak, menggunakan antivirus dan firewall sangat membantu melindungi akun jejaring sosial yang Anda miliki.